Traveller Cantik

Travel and Lifestyle – A blog by Ani Mar'athus Sholikah

Lagi liburan di Jakarta? Yuk naik MRT Jakarta

Hai, travelmateku..

Kamu lagi ada rencana liburan di Jakarta? Sudah pada nyobain MRT Jakarta belum nih? MRT Jakarta ini merupakan moda transportasi baru di Jakarta dan Indonesia lohhh. Jadi, pada excited kan, pengen ngerasain gimana rasanya naik MRT Jakarta.

Nah.. semenjak aku merantau kembali ke Jakarta, pada bulan Juli lalu, aku pengen banget ngerasain gimana sih rasanya naik MRT Jakarta. Karena sebelumnya baru nyobain MRT di Malaysia. Dan.. voilaaa.. ketika nyoba pertama kali, rasanya bener-bener kayak lagi di luar negeri. Jadi kangen ke luar negeri kan *eh malah curhat. Dari mulai masuk ke stasiunnya sampai masuk ke ruang tunggu keretanya, arsitekturnya bener-bener mirip sama stasiun LRT (laluan kelana jaya) di Malaysia. Jadi, buat kamu yang pengen ngerasain suasana luar negeri di Jakarta, naik MRT aja. Hehehe

MRT Jakarta Stasiun
Lobby stasiun fatmawati
MRT Jakarta fase 2
Tempat tap in/out kartu

Bagaimana cara naik MRT Jakarta

Untuk kamu yang berasal dari luar Jabodetabek dan sedang liburan di Jakarta, terkadang belum terlalu terbiasa dengan metode pembayaran untuk naik transportasi di Jakarta. Lantas, apa yang harus dilakukan pertama kali untuk bisa naik MRT Jakarta. Ketika pertama kali datang ke stasiun, apabila tidak mempunyai ecard seperti e-money mandiri, flazz BCA, tapcash BNI, brizzi BRI maka harus memesan tiket terlebih dahulu. Pemesanan tiket bisa di vending machine yang telah tersedia di setiap stasiun atau di loket tiket. Kartu ini ada dua macam, yaitu Single Trip Ticket (STT) dan Multi Trip Ticket (MTT).

MRT Jakarta Tiket
Perbedaan Single Trip dan Multi Trip

Harga tiket untuk Single Trip adalah Rp 15.000 dan hanya bisa dipakai untuk satu kali perjalanan. Tiket ini sendiri masa berlakunya adalah satu hari. Jadi setelah perjalanan selesai, kamu bisa mengembalikan tiket ke petugas stasiun untuk menerima refund jika masih ada sisa saldo. Tentunya selama kartu yang dikembalikan tidak rusak, dan tidak lebih dari seminggu sejak pembelian kartu.

Kartu ini cocok bagi kamu yang dari luar kota dan hanya ingin liburan di Jakarta beberapa hari.

Sedangkan tiket untuk Multi Trip diberi harga Rp 25.000. Jika tiket Single Trip harus digunakan (tap in) di stasiun pembelian kartu, tiket multi trip bisa digunakan di stasiun mana saja. Saat tap out, saldo minimal kamu setidaknya harus sebesar tarif minimum perjalanan.

kartu flazz untuk MRT
kartu flazz untuk MRT dari @caseunikjakarta

Namun, untuk kemudahan pembayaran transportasi di Jakarta maupun pembayaran saat belanja di merchant-merchant. Lebih baik menggunakan ecard sendiri. Nah.. disini aku menggunakan kartu flazz BCA ku untuk pembayaran. Lucu banget kan flazz BCA nya, yaiyalah, ngedesain sendiri gitu looohh, jadi beda sama yang lain. Ga takut ketuker sama yang lain deh. Buat yang pengen bikin kartu flazz yang sesuai sama keinginan sendiri langsung cusss pesan di Case Unik Jakarta . Bagi yang sudah mempunyai ecard (dan harus dipastikan ada saldonya yaa), kamu tinggal tap in saja, lalu masuk ke stasiun.

Gimana rasanya naik MRT pertama kali

Naik MRT Jakarta
Stasiun Lebak Bulus

Bener-bener excited banget. Keren parahhhh moda transportasi yang satu ini. Ketika mau naik MRT, para penumpang pun antri dengan tertib untuk masuk ke kereta. Salut banget. Lebih nyaman juga keretanya, tidak desak-desakan banget kayak kalau lagi naik KRL. Keretanya masih bagus banget, dari stasiun sampai kereta bener-bener bersih. Lalu ketika naik MRT malam hari dan melewati rel layang, jadi bisa lihat pemandangan malam kota Jakarta. Excited banget sih naik MRT, tapi sayangnya karena rutenya masih terbatas, jadi kerasa cepet banget naik MRT. Lhah.. tiba-tiba udah nyampe aja di tujuan. Dan naik MRT biayanya lebih mahal daripada naik KRL, yaiyalah lebih bagusss juga keretanya. Jalannya kereta juga smooth banget. Keren pokoknya. Semoga segera bisa bertambah untuk rutenya.

Naik MRT Jakarta
Suasana dalam MRT Jakarta

Rute dan Harga MRT Jakarta

Rute MRT Jakarta
Rute MRT Jakarta

Untuk saat ini MRT Jakarta baru melayani perjalanan dengan rute : Stasiun Lebak Bulus Grab – Stasiun Fatmawati – Stasiun Cipete Raya – Stasiun Haji Nawi – Stasiun Blok A – Stasiun Blok M BCA – Stasiun ASEAN – Stasiun Senayan – Stasiun Istora Mandiri – Stasiun Bendungan Hilir – Stasiun Setiabudi Astra – Stasiun Dukuh Atas BNI – Stasiun Bundaran HI. Dan sebaliknya.

Untuk kisaran harga naik MRT sekitar Rp 3.000 (rute terdekat) hingga Rp 14.000 (rute terjauh).

Fasilitas yang ada di stasiun MRT

  • Minimarket atau merchant-merchant makanan, untuk kamu yang sedang kelaparan atau haus ketika sedang melakukan perjalanan menggunakan MRT. Tidak perlu khawatir, karena di setiap stasiunnya pasti terdapat minimarket atau merchant-merchant makanan, sehingga kamu tinggal membeli saja ketika disana. Namun ingat, jangan mengonsumsi makanan dan minuman di area ruang tunggu stasiun dan dalam kereta ya, kawan.
Stasiun Fatmawati
Merchant di stasiun fatmawati
  • Toilet dan Mushola. Tidak perlu khawatir, apabila ketika sedang naik MRT, ternyata sudah memasuki jam sholat, karena di setiap stasiun sudah tersedia mushola. Namun sayangnya, mushola di stasiun terkadang kapasitasnya sangat kecil. Ketika memasuki jam sholat maghrib, biasanya antri cukup panjang untuk sholat di mushola stasiun.
  • Lift prioritas, kebanyakan ruang tunggu kereta berada di bawah tanah atau lantai paling atas. Sehingga harus naik tangga ataupun turun tangga, hal ini pasti menjadi kesulitan tersendiri untuk lansia, penyandang disabilitas dan juga wanita hamil. Namun tidak perlu khawatir, karena di setiap stasiun ada lift prioritas yang memudahkan, sehingga tidak perlu naik tangga manual.

Tuh kan.. Keren banget naik MRT Jakarta. Yuk.. yang lagi liburan di Jakarta, kita naik MRT Jakarta.

 

Jangan lupa baca juga :

Mi Tarempa, Rekomendasi Kuliner Nusantara di Jakarta

anims

Social Media Officer di salah satu perusahaan F&B. Suka backpacker dan wisata kuliner. Ingin berbagi tempat jalan atau jajan yang seru dan konten-konten bermanfaat. Anak rantau yang ingin terus mencari pengalaman baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top