Traveller Cantik

Travel and Lifestyle – A blog by Ani Mar'athus Sholikah

Colmar Tropicale, Tempat Wisata Malaysia dengan Suasana Pedesaan Eropa

Hai, para travelmateku..

Beberapa waktu yang lalu, aku pergi jalan-jalan ke Malaysia. Dan salah satu destinasi wisata di Malaysia yang aku datangi adalah Colmar Tropicale. Pasti beberapa dari kalian, belum begitu mengenal destinasi wisata yang satu ini. Memang destinasi wisata ini, belum seterkenal Batu Caves, KLCC, dan lain sebagainya yang sudah menjadi ikon wisata di Malaysia. Namun untuk kalian yang ingin mencari tempat wisata lain yang anti-mainstream di Malaysia, kalian juga bisa menambahkan tempat wisata ini sebagai destinasi wisata kalian juga looo.

Apasih Colmar Tropicale itu

Cara Ke Colmar Tropicale
Colmar Tropicale

Colmar Tropicale itu adalah sebuah resort yang berada di Bukit Tinggi, Pahang, Malaysia. Lokasinya sekitar 1 jam perjalanan dari Kuala Lumpur. Hal yang membuat berbeda dari resort biasanya adalah resort ini dibangun dengan gaya ala-ala bangunan di kota Colmar, salah satu kota di Perancis. Makanya, di foto ini aku seperti berada di Perancis kan. Hehe. Jadi, bangunan-bangunan yang ada di foto ini sebenarnya dipergunakan untuk penginapan. Bagi kalian yang ingin kesini, kalian bisa menginap disini ataupun hanya berkunjung saja. Tarif menginap di resort ini berkisar antara Rp 400.000 – Rp 1.500.000/per kamar/per malam, harga berbeda-beda tergantung waktu menginap kalian. Tapi kemarin, aku disini hanya untuk berkunjung saja tanpa menginap.

Untuk review menginap di Colmar tropicale bisa cek link di bawah ini :

Pengalaman Menginap di Resort Colmar Tropicale

Apa saja yang ada di kawasan wisata Colmar Tropicale ini

  • Yang paling utama adalah bangunan penginapan Colmar Tropicale yang mengusung gaya khas perkampungan di Perancis. Jadi kita bisa merasakan suasana seperti berada di kota Perancis tanpa perlu jauh-jauh ke Eropa. Dan yang pasti bagus buat foto-foto lah ya. Selain itu, di dalamnya terdapat area permainan, bioskop 4D, restoran, dan menara untuk berfoto atau hanya sekadar melihat pemandangan dari atas. Oh iya, meskipun di dalam Colmar Tropicale ini ada restoran, lebih baik buat kamu yang backpackeran bawa bekal saja, karena harga-harga makanan di restorannya cukup mahal.
Objek Wisata di Malaysia
Restoran yang ada di dalam Colmare Tropicale
Wisata Malaysia 2018
Pemandangan dari menara yang ada di Colmare Tropicale
  • Selain bangunan penginapan, ada beberapa spot lain yang bisa kamu kunjungi juga di komplek Colmar Tropicale ini. Misalnya saja The Chateau Spa & Organic Wellness Resort, Bukit Tinggi Golf and Country Club, Meranti Park Suites, Japanese Village serta Rabbit Park. Untuk gambaran letak spot-spot lain yang ada di kawasan Colmar Tropicale bisa lihat peta di bawah ini.
Peta Colmar Tropicale
Peta kawasan Berjaya Hills sumber gambar

Sebenarnya, kemarin pengen mengunjungi Japanese Village dan juga Rabbit Park. Ternyata waktu disana, memang ada semacam shuttle service yang mengantarkan ke spot-spot lain, tapi shuttle service itu hanya bisa mengantarkan dari Resort Colmar Tropicale ke Japanese Village dan sebaliknya saja. Karena jarak antar spot yang lumayan cukup jauh, dan aku tidak membawa kendaraan pribadi, jadi aku hanya bisa mengunjungi Japanese Village saja. Dan untuk shuttle service yang disediakan antar spot pun tidak sering waktu keberangkatannya, jadi kemarin nunggu lumayan agak lama baru bisa berangkat ke Japanese Village dan sebaliknya. Yah.. agak kecewa sih, karena disana waktunya lumayan panjang, tapi tidak bisa ke banyak spot-spot lain.

Japanese Village

Japanese Village Colmar Tropicale
Spot-spot yang ada di Japanese Village

Untuk sampai ke Japanese Village ini kalian harus menyiapkan tenaga ekstra. Hehe. Karena dari tempat penurunan shuttle service, kita masih harus berjalan kaki melewati jalan menanjak yang lumayan menguras tenaga. Di kawasan Japanese village ini ada taman dan bangunan yang dibuat menyerupai taman-taman yang ada di Jepang. Dan juga ada restoran, toko sovenir, botanical garden, japanese tea house dan ume tatami suite.

Colmar Tropicale Malaysia
Japanese Garden
Japanese Village Malaysia
Tempat sewa kimono di Japanese Village

Di sini juga disediakan tempat untuk penyewaan kimono bagi pengunjung. Harga sewa kimono adalah RM 20 (sekitar Rp 70 ribu) selama 20 menit untuk foto-foto dan apabila ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan Tea Ceremony maka membayar seharga RM 30 (sekitar Rp 105 ribu).

Wisata di Malaysia 2019
Japanese Village

Nah.. kalau ini adalah spot foto yang bagus kalau kalian menyewa kimono. Dijamin, temen-temen kalian bakal ngira kalian lagi liburan ke Jepang deh. Tapi karena aku nggak nyewa kimono, memang agak kurang lengkap gitu sih.

Cara ke Colmar Tropicale

Karena letak Colmar Tropicale ini cukup jauh dari Kuala Lumpur, maka memang agak sulit untuk menjangkau tempat ini. Ditambah lagi, tidak ada kendaraan umum yang menjangkau kawasan wisata ini. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengunjungi tempat ini :

Naik shuttle bus

  • Kita bisa naik shuttle bus yang disediakan oleh Resort Colmar Tropicale. Jadi, meeting point untuk naik shuttle bus ini adalah dari Berjaya Times Square. Jam operasional shuttle bus :

Berjaya Times Square ke Colmar Tropicale                          09.30 am, 12.00 pm, 05.15 pm, dan 08.00 pm

Colmar Tropicale ke Berjaya Times Square                          08.00 am, 10.45 am, 04.00 pm, dan 07.30 pm

Sebelum naik shuttle bus ini, kalian harus memesan tiket shuttle bus ini terlebih dahulu. Kalian bisa memesannya di Berjaya Hills office yang ada di Berjaya Times Square lantai 8. Lebih baik memesan tiket 1 hari sebelum keberangkatan, agar tidak kehabisan tiket. Apalagi di saat peak season, terkadang tiket shuttle bus ini sudah habis terjual. Untuk tempat pembelian tiketnya sendiri hanya buka dari Senin – Jum’at saja, dari jam 10.00 – 17.00, sehingga untuk yang mau berangkat di hari Sabtu atau Minggu lebih baik pesan dari hari Jum’at. Ketika sudah memiliki tiket shuttle bus ini, kamu tinggal menunggu di depan lobi hotel Berjaya Times Square sesuai waktu yang ditentukan. Kalau kemarin, aku ke Colmar Tropicale naik shuttle bus yang berangkat jam 09.30 am, dan pulang jam 04.00 pm. Jalanan menuju kawasan ini, cukup berkelok-kelok, jadi yang mudah mabuk darat, jangan lupa persiapkan hal-hal yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

Naik grab/sewa mobil dari Kuala Lumpur

  • Untuk yang tidak mendapatkan tiket shuttle bus, bisa dengan menyewa kendaraan ataupun grab dari Kuala Lumpur. Tapi yang pasti alternatif ini membutuhkan kocek yang tidak sedikit. Lebih baik alternatif ini kalian pilih, apabila kalian kesana dengan membawa rombongan. Karena harga sewa mobil/grab dari Kuala Lumpur ke kawasan ini berkisar minimal RM 300 (1,1 juta) untuk perjalanan pulang pergi. Namun, kelebihannya apabila membawa mobil sendiri, bisa lebih puas untuk berkeliling menelusuri spot-spot wisata yang ada di kawasan Resort Colmar Tropicale ini. Karena shuttle bus antar spot yang disediakan tidak menjangkau semua spot wisata yang ada dan untuk waktu keberangkatannya tidak fleksibel.

Harga tiket masuk Colmar Tropicale

  • Untuk yang masuk ke kawasan wisata ini dengan naik shuttle bus dari Berjaya Times Square, maka membayar biaya tiket RM 60/dewasa (Rp 205.000) dan RM 55/anak-anak (Rp 187.000). Jadi, harga tersebut sudah termasuk tiket shuttle bus dari Berjaya Times Square – Colmar Tropicale PP, dan juga harga tiket masuk kawasan wisatanya.
  • Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi/grab sendiri, maka biaya masuknya adalah RM 13/orang (Rp 45.000).

Semoga informasi ini berguna untuk kamu yang sedang merencanakan wisata ke Malaysia juga ya, teman-teman. Ya lumayan lah, dengan pergi ke Colmar Tropicale ini, kamu bisa merasakan tempat wisata di Malaysia yang suasananya seperti di Eropa. Pertanyaan yang belum terjawab ketika aku mengunjungi tempat ini adalah padahal lokasinya di dataran tinggi, 3.000 kaki diatas permukaan laut, tapi kok panas banget ya? Heran aku tuh. Biasanya dengan ketinggian segitu, di Jawa udah dingin.

 

Jangan lupa baca juga

6D5N di Malaysia cuma 1 jutaan!!! Budget Liburan Ke Malaysia ala Backpacker 2019

anims

One thought on “Colmar Tropicale, Tempat Wisata Malaysia dengan Suasana Pedesaan Eropa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top